Sabtu, 17 November 2012

injektion pengganti karburator

image
Injektion Pengganti Karburator

Perubahan sistem injeksi bukan sesederhana seperti ganti karburator. Sebagai sistem kerja elektrik, injeksi butuh sejumlah perangkat yang saling berkaitan. Dan bukan berarti, penggantian itu melupakan riset lain dari mesin seperti kem, porting dan lainnya.

Menurut perangkat pendukung aplikasi injeksi sangat banyak. "Mulai dari segala macam
Pada penggunaan karburator, seting ada di spuyer. Sementara timing pembakaran diatur lewat grafik dari programmable CDI-nya.

Model injeksi, prinsip kerjanya lebih fokus pada kerja elektrikal. Semua tersimpan jadi input ECU agar memberi perintah sesuai masukan dari setiap sensor.

Gas bakar yang keluar dari nozel, berupa kabut. Bukan sekadar pencampuran bensin dan udara. “Telah diukur sesuai hasil input berbagai sensor,
Campuran udara dan bensin benar-benar homogen. Injeksi mengeliminir pembakaran percuma. Termasuk di dalamnya sesuai permintaan volumetrik untuk menggebuk piston.

Sehingga, aplikasi ini tentu perlu ada ubahan cara pikir mekanik. "Karena pola seting dan cara juga beda. Butuh pemahaman baru,"

Perubahan sistem injeksi, membuat orang fokus manajemen mesin yang tersentral pada komputerisasi. Alat ukur jelas, semua bisa disetel dan dibaca dari sensor. Ini yang membutuhkan kemampuan lebih dari mekanik.

Karena, nantinya semua perintah akan tersentral di ECU. "Gak pakai CDI lagi. Pengapian hanya butuh koil. Intinya ya output hanya dari nozel dan koil. Tapi, perintahnya dari ECU yang menghimpun semua input,"

Setiap mesin memiliki karakteristik sendiri. Jadi tidak bisa diterapkan konsep seting di satu motor, lalu dipakai pada jenis motor lain. "Istilahnya, ada best map. Itu butuh proses menemukannya. Karena merupakan penyesuaian dari seluruh sensor dan kebutuhan mesin," ingat Ade yang selalu tampil rapi ini.

THROTTLE BODI 526802-injeksi-throtlle-body-yu.jpg

Ini bagian yang posisinya mirip karburator. Di sini tempat nozel. Secara bentuk, orang akan melihat kalau bagian ini yang menggantikan posisi karburator. "Diameter throttle bodi juga menentukan. Sejauh ini, yang punya bebek masih merasa kekecilan untuk balap,

Perangkat lain yang mendukung throttle bodi adalah pompa bensin yang ada di tangki. Pompa ini yang mengikuti perintah dari ECU untuk mengirim bensin ke throttle bodi.

ECU

  Engine control unit alias ECU, otaknya sistem manajemen mesin. Semua input diolah dan jadi output ke pengapian dan nozel. Jika ECU tidak bisa diubah, paling dimanipulasi lewat sensor. Misal digedein atau dikecilin.

Bagian penting dalam ECU antara lain I-Prom. "Berupa IC kecil yang merupakan otaknya ECU,

, kerja injection timing fuel hanya bisa dibikin oleh pembuat ECU. Ini enggak bisa manipulasi data lewat kerja sensor.

PERANGKAT SENSOR 

Ada banyak sensor yang dibutuhkan pada mendukung manajemen mesin. "Antara lain, sensor MAP (manifold absolute pressure), BAP (barometrik absolute pressure), sensor temperature udara, sensor temperatur mesin, panas knalpot, silinder, juga temperatur air untuk motor yang pakai radiator,

Sensor itu nantinya akan memberi input pada ECU. Dan nantinya, ECU akan mengatur dalam perintahnya ke nozel,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.